Hot!

Install Moodle Linux Ubuntu : Aplikasi Pengolah Pembelajaran



Moodle adalah aplikasi web yang menyediakan layanan aplikasi pembelajaran online bagi semua klien berbasiskan halaman web. Nantinya aplikasi ini diinstall hanya pada komputer yang bertindak sebagai server. oleh karenanya komputer server tidak memiliki GUI sebagai media interaksi pengguna dengan sistem operasi, maka semua operasi pengolahan data dan sistem menggunakan perintah command line. (wiki)

Pastikan pada komputer server telah diinstall apache, mysql dan php server atau bisa juga memakai LAMPP. berikut langkah – langkah dalam install moodle linux ubuntu menggunakan shell (terminal) di Ubuntu :

1. Login Sebagai Super Admin (root)


Masuk sebagai root -> kemudian pindah lokasi ke var/www/ jika menggunakan apache, dan /opt/lampp/htdocs jika menggunakan LAMPP.



2. Download Aplikasi Moodle untuk Install Moodle Linux Ubuntu.


Download aplikasi moodle langsung dari download.moodle.org dengan menggunakan perintah wget.





3. Ekstrak File moodle.

File tersebut akan di simpan di dalam folder htdocs (jika menggunakan LAMPP). Kemudian Ekstrak file moodle tersebut dengan mengunakan perintah tar -zxf.



4. Buat Direktori moodledata.

Kemudian buatlah folder bernama "moodledata" di luar dari folder htdocs untuk LAMPP (var/www) . Folder ini berguna untuk menyimpan pengolahan data dan meletakkan file terjemahan bahasa indonesia yang nantinya kita dapat mengatur moodle untuk di set ke dalam bahasa indonesia atau default (inggris).


cd /opt/lampp/
mkdir moodledata
mkdir moodledata/lang
cd moodledata/lang
wget http://download.moodle.org/langpack/2.5/id.zip
unzip id.zip


5. Buat Database.

Selanjutnya buatlah database bernama moodle, yang nantinya akan digunakan untuk proses install moodle linux ubuntu dengan menggunakan phpmyadmin atau MySQL Workbench.




6. Mengatur Ownership

chown -Rf www-data.www-data /opt/lampp/moodledata chmod -Rf 777 /opt/lampp/htdocs/moodle chown -Rf /opt/lampp/htdocs/moodle

7. Akses halaman Moodle.


Kemudian akses halaman moodle dengan mengetikkan url localhost/moodle atau alamat_ip/moodle.





pilih bahasa yang diinginkan kemudian klik next.


8. Comfirm Path untuk memilih webaddress , moodle directory , dan data directory.




data directory data diluar file web , yang dapat di akses baca maupun tulis oleh pengguna web. gantilah data directory sesuai yang telah kita buat pada point 4, yaitu /opt/lampp/moodledata.

kemudian klik selanjutnya.

9. Pemilihan Database Driver (Choose Database Driver).

Pada tahap ini dalam proses install moodle linux ubuntu pilihlah tipe yang sesuai dengan driver yang telah terinstall, biasanya moodle akan mengetahui dan memilih driver yang telah diinstall. kemudian klik selanjutnya.

10. Pengaturan Database (Database Settings).


Masukkan pengaturan database yang pernah dibuat atau buatlah user baru dengan sebagai berikut :

nama user : moodle,

password user : moodle 123.


11. Pengumuman Hak Cipta (Copyright notice).

Pada install moodle linux ubuntu tahap ini moodle akan memberikan anda waktu untuk membaca dan apabila telah mengerti maka klik continue.



12. Pengecekan Server

install moodle linux ubuntu akan melakukan pengecekan apakah server dan driver yang terdapat dalam server memenuhi segala spesifikasinya.kemudian lanjutkan dengan mengklik next (lanjut).



pada install moodle linux ubuntu server tahap ini akan membutuhkan waktu yang agak lama. sampai muncul tampilan seperti di bawah :




kemudian klik continue.

Tahapan penginstallan telah selesai selanjutnya isilah data-data yang nantinya diperlukan untuk admin pada aplikasi moodle.



0 komentar:

Posting Komentar