Hot!

Membuat Timbangan Digital Load Cell 5 kg Hx711


Timbangan digital adalah timbangan yang dilengkapi dengan peralatan elektronik (digital). Timbangan elektronik ini banyak digunakan karena hasil pengukurannya lebih akurat dan presisi selain itu juga mudah digunakan.


1. Sensor yang dibutuhkan 


Sensor Load Cell 5 kg hx711 24-Bit Analog-to-Digital Converter (ADC) for Weigh Scales adalah sebuah komponen terintegrasi dari "AVIA SEMICONDUCTOR". Sensor Load Cell Hx711 ini presisi 24-bit analog-to-digital converter (ADC) di desain untuk sensor timbangan digital (weight scales) dan industrial control aplikasi yang terkoneksi dengan sensor jembatan (bridge sensor).

Kit sensor berat / weight sensor kit ini berisi dua modul: single point load cell 5 kg berbahan Aluminium-alloy dan modul ADC (Analog-to-Digital Converter) 24-bit berpresisi sangat tinggi menggunakan IC HX711 Weight Scale Sensor yang memang dirancang khusus untuk penggunaan pada sensor berat.


Load Cell adalah transduser (transducer, komponen elektronika yang dapat mengukur besaran fisik menjadi sinyal elektris) yang dapat mengubah tekanan oleh beban menjadi signal elektrik.

sensor HX711


Konversi terjadi secara tidak langsung dalam dua tahap. Lewat pengaturan mekanis, gaya tekan dideteksi berdasarkan deformasi dari matriks pengukur regangan (strain gauges) dalam bentuk resistor planar. Regangan ini mengubah hambatan efektif (effective resistance) empat pengukur regangan yang disusun dalam konfigurasi jembatan Wheatstone (Wheatstone bridge) yang kemudian dibaca berupa perbedaan potensial (tegangan).


Karena perbedaan yang terukur sangat kecil dalam orde µV (mikro Volt, sepersejuta Volt), dibutuhkan rangkaian pengubah sinyal analog menjadi digital yang sangat presisi, untuk itulah modul HX711 yang beresolusi 24 bit (16,7+ juta undakan pada tangga ADC)


Dengan tingkat presisi setinggi ini, Load Cell dapat mengukur berat beban dalam resolusi 5 Kg / 224 atau setara dengan ketepatan 298 µg (0,298 mg, atau 0,000298 g).


Ketepatan ini tiga kali lipat lebih tinggi dibanding tingkat ketepatan yang ditawarkan pada timbangan emas/permata (jewelry weight scale) komersial kelas premium yang umum digunakan di toko emas/perhiasan yang presisinya hanya mencapai 0,001 gr (1 mg), sehingga tantangan pembuatan timbangan elektronis yang presisi bukan lagi terletak pada sisi elektronisnya namun lebih pada akurasi rancang bangun mekanis dari timbangan tersebut.


Spesifikasi Sensor Load Cell 5 kg hx 711



  • Two selectable differential input channels
  • On-chip active low noise PGA with selectable gain of 32,64 and 128
  • On-chip power supply regulator for load-cell and ADC analog power supply
  • On-chip oscillator requiring no external component with optional external crystal
  • On-chip power-on-rest
  • Simple digital control and serial interface: pin-driven controls, no programming needed
  • Selectable 10SPS or 80SPS output data rate
  • Simultaneous 50 and 60Hz supply rejection
  • Supply Voltage: 2.6V~5.5V
  • Current: <1 .6ma="" i="">
  • Working temperature: -40~85°C
  • 16 pin SOP-16 package

  • 2. Perancangan Blok Rangkaian


    blok diagram timbangan digital

    3. Perancangan Perangkat Keras



    Perancangan Perangkat Keras Timbangan Digital


    Kerangka utama timbangan elektronik dirancang sebagai tempat untuk meletakkan komponen dari timbangan elektronik secara keseluruhan. Kerangka utama ini dirancang dengan menggunakan bahan plastik keras (acrilyc) dengan ukuran 16 cm x 12 cm x 7,5 cm.

    Hasil Perancangan Timbangan Digital dengan Anak Timbangan


    Hasil Perancangan Timbangan Digital dengan Anak Timbangan



    Alat untuk mengukur massa yaitu timbangan. Timbangan didefinisikan sebagai suatu alat untuk menentukan massa suatu benda dengan memanfaatkan gaya gravitasi yang bekerja pada benda tersebut.
    Transduser adalah suatu komponen elektronika yang dapat mengukur besaran fisik menjadi sinyal elektris.

    0 komentar:

    Posting Komentar