Hot!

Hal-hal Utama Untuk Membuat Sistem Tertanam



Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat sistem embedded. Pemilihan mikrokontroller yang banyak dijumpai serta dokumentasi dengan baik adalah langkah yang paling penting.


1. Sediakan Mikrokontroler


Pilihlah mikrokontroler yang tersedia di pasaran agar lebih cepat untuk memulai membuat sistem tertanam (embedded system). Jika Anda kurang mengerti atau kurang mau disibukan dengan pekerjaan 'merangkai' maka sebaiknya Anda membeli kit modul mikrokontroler yang sudah jadi, sebaliknya jika Anda mau disibukkan dengan usaha merangkai elektronika maka sebaiknya kita kembali ke Open Up Requirement ATMega. Beberapa Board Mikrokontroler yang dapat dijumpai di pasaran :


1. Arduino2. ATmega3. Raspbery4. Bluebery5. MCS-51
Mikrokontroler yang banyak dijumpai

2. Pemilihan bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman merupakan hal yang mutlak dikuasai untuk memulai membuat sistem tertanam (embedded system). Bahasa yang banyak dijumpai dan terdokumentasi dengan baik adalah bahasa C.


Software yang mendukung bahasa pemrograman sekaligus sistem tertanam



3. Software yang harus diikutsertakan. 


Ya tentu untuk mengimplementasikan sebuat algoritma yang Anda punya ke dalam sistem tertanam (embedded system), harus dengan menggunakan bahasa pemrograman. Untuk itu bahasa pemrograman harus dituang kedalam sourcecode yang nantinya akan di- compile oleh software compiler.



Beberapa software compiler bahasa C untuk pemrograman sistem tertanam : 

1. Codevision Evaluation
2. IDE Arduino
3. Atmel Studio



Tidak hanya untuk pemula, Setiap hal yang Anda lakukan di setiap project sistem tertanam (embedded system) apapun, harus menyertai dokumentasi yang di tulis untuk mengingat hal-hal apa saja yang telah dilakukan.

Tidak jarang setiap developer melupakan langkah ini, dan nantinya akan berguna untuk melakukan proses debuging . Buatlah pernyataan - pernyataan dalam kalimat pasif atau dalam bentuk per point serta gunakanlah tinta berwarna untuk setiap penekanan kata yang dianggap penting.


4. Peralatan pendukung lainnya. 

Berikutnya dalam membuat suatu sistem tertanam (embedded system) adalah alat-alat pendukung seperti downloader , solder , kabel penghubung dan adaptor kehadirannya sangat berpengaruh.

Downloader berfungsi untuk mengangkut semua file program (algoritma) dalam bentuk file *.hex ke dalam mikrokontroler. File ini berisi ratusan instruksi yang nantinya akan dieksekusi oleh mikroprosesor dalam mikrokontroler.
programmer usb asp

Sebagai developer sistem tertanam (embedded system) yang baru akan sangat rentan terkena serangan putus asa yang berkesinambungan :D. Oleh karena itu persiapan mental yang kuat sangat diperlukan untuk menghadapi kegagalan demi kegagalan yang akan diraih. Kebanyakan seorang pemula berangan-angan untuk langsung mencoba membuat sesuatu yang susah. Hal ini tidak dapat dibenarkan, sebaiknya mulailah dari projek yang mudah dahulu. Kemudian berangsur-angsur menaikkan tingkat kesusahannya . Selamat mencoba , semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar